Ada murid BMC yang menikah, bagaimana memberi ucapan pernikahan dalam Mandarin? Ayo kita simak bersama tentang pernikahan adat Tionghoa yang mencakup tentang amplop,  tulisan kartu undangan Chinese dan juga tanggal pernikahan menurut Chinese calendar.

UNDANGAN PERNIKAHAN ADAT TIONGHOA

Kita lihat amplop dan kartu undangan pernikahan adat Tionghoa, di kanan atas terlihat gambar huruf 喜(xǐ)喜(xǐ) (dibacanya 双(shuāng)喜(xǐ)) artinya, double happiness symbol,  kebahagiaan kedua mempelai. 双 = sepasang喜= (event ) bahagia. Simbol ini tidak saja dibuat di amplop atau halaman dalam undangan Chinese, tetapi juga di angpao pernikahan adat Tionghoa, dekorasi pelaminan Chinese. Jadi double happiness symbol tsb digunakan untuk orang Chinese yang menikah.

double happiness symbol

Seperti gambar yang terlihat dibawah, kartu undangan Chinese tersebut berwarna dominan merah, terdapat nama mempelai, dan nama tamu yang dituju, ada double happiness symbol di cover undangan kanan atas, dan isi tulisan kartu undangannya versi Bahasa Indonesia, dibawahnya ada scan code khusus bagi tamu undangan untuk mengikuti protokol kesehatan.  Selain itu, masih ada kartu undangan yang tertulis dalam Bahasa Mandarin, jadi ada dua versi. Model kartu undangan Chinese seperti ini merupakan salah satu ciri khas kartu undangan Chinese keturunan yang ada di Indonesia.

Undangan Pernikahan Adat Tionghoa

Terlihat marga mempelai pria dan wanita, seperti 曾(céng) dan 鄧(dèng). Nama lengkap mempelai dan nama orang tua masing-masing mempelai dapat diketahui di dalam kartu undangan. Mempelai pria merupakan cucu lelaki tertua 長 孫 (Zhǎngsūn) dan mempelai wanita adalah putri bungsu 满女 (Mǎn nǚ)di keluarganya.

Undangan pernikahan Chinese

TANGGAL PERNIKAHAN MENURUT CHINESE CALENDAR

Pernikahan 结婚【jiéhūn】adat Tionghoa harus mencari hari baik, tanggal baik untuk keharmonisan kedua mempelai serta orang tua masing-masing. Jadi tanggalan yang dipakai adalah 公(gōng)历(lì) /阳(yáng)历(lì)kalendar internasional dan 农(nóng)历(lì) / 阴(yīn)历(lì)Kalender Lunar, atau Chinese calendar yang diciptakan oleh Raja Huang Ti, raja pertama negara Tiongkok di tahun 2637B.C.E.,  Sebelum Masehi. Kalendar Tionghoa ini disusun berdasarkan  ilmu perbintangan (astrologi) yang mana bulan mengitari bumi dan menurut Wikipedia, ketepatan waktunya adalah 93-99%. Sebagai contoh, Imlek selalu jatuh antara bulan Januari dan Pebuari setiap tahunnya dari ribuan tahun lalu hingga sekarang.

Sebagai contoh, dalam kartu undangan tertulis 農曆(nónglì),嵗次辛丑年(suìcì xīnchǒunián),五月十八日(wǔyuè shíbā rì) Chinese calendar, 18th May; 陽曆二零二一年六月二十七日(yánglì èrlíng èryì nián liù yuè èrshí  qī rì ),Gregorian/International calendar, 27th June 2021, 傍(bàng)晚(wǎn)六(liù)時(shí)之(zhī)八(bā)時(shí), malam hari jam 18.00-20.00, 星期天(xīngqītiān)hari Minggu.

UCAPAN PERNIKAHAN DALAM MANDARIN

Ucapan pernikahan dalam Mandarin (结(jié)婚(hūn)贺(hè)卡(kǎ))ada beragam, misalnya :