Sharing Belajar Mandarin Saya Di BMC

//Sharing Belajar Mandarin Saya Di BMC

朋友们 好【péngyǒumen hǎo】, teman-teman semuanya, apa kabar? 我叫

[wo jiao] namaku Ronny.

Sharing Belajar Mandarin Saya Di BMC

Saya adalah salah satu murid kelas bahasa Mandarin di BMC. Sedikit cerita tentang awal mula saya memilih BMC adalah melalui pencarian di internet. Sebagai seorang karyawan yang berkantor di daerah Jakarta Pusat yang terkenal macet, selain saya mencari pengajar yang berkualitas, tentunya juga dapatkan akses yang mudah serta waktu belajar yang fleksibel  agar tidak mengganggu jam kerja saya.

Berdasarkan pencarian dengan kriteria tersebut sempat saya kunjungi situs-situs benua negara dalam Mandarintempat les lain, dan akhirnya sampailah saya ke situs BMC yang sangat menarik ini (dan ternyata situs ini dibuat sendiri oleh Yendy老师 [Lao shi] lho! Cool!). Setelah membaca profil Yendy老师 yang merupakan pemilik sekaligus pengajar di BMC, saya langsung yakin untuk mendaftar di BMC tanpa mengikuti free preview. Karena menurut saya, apabila pemiliknya yang mengajarkan langsung maka kualitas pengajarannya akan maksimal, terlebih background profile Yendy老师 yang memang ahli di bidang pengajaran Bahasa Mandarin. Begitu hari pertama mulai belajar, sudah bisa saya dapatkan bukti bahwa saya tidak salah pilih:)

Suasana Belajar

Setelah belajar di BMC selama 7 bulan, menurut saya kelebihan BMC ada pada suasana dan cara belajarnya.  At BMC we don’t just learn about language and culture, we also experience it. Tidak seperti belajar ilmu eksak yang terpaku pada textbook, menurut saya cara terbaik belajar sebuah kebudayaan atau bahasa adalah dengan mengalami kebudayaan itu sendiri. Hal-hal sederhana seperti mendengarkan lagu berbahasa Mandarin, membuat menu makanan kesukaan kita dalam bahasa Mandarin, membuat kartu ucapan tahun baru dalam bahasa Mandarin ataupun merayakan hari besar kebudayaan 中国 [Zhong Guo] bersama, tentunya membuat belajar lebih asyik dan mudah dimengerti. Cara belajar itulah yang saya dapatkan di BMC. Semua materi diajarkan 老师 secara lengkap, baik lisan maupun tulisan. Selain itu teman-teman di BMC juga seru-seru, lho.

Pembelajaran Mandarin Yang Sudah Saya Dapatkan

Saat ini setidaknya saya sudah dapat memperkenalkan diri saya, menjelaskan mengenai pekerjaan dan keluarga saya, dan percakapan dasar sehari-hari lainnya seperti benua, negara, warga negara, dll baik secara lisan maupun tulisan. Padahal sebelumnya saya tidak dapat mengerti sedikit pun Bahasa Mandarin, karena saya bukan keturunan Tionghoa dan tidak pernah berinteraksi dengan bahasa Mandarin baik di rumah maupun di lingkungan pekerjaan saya.

angka dan menu Mandarin

Untuk melatih tulisan dan perbendaharaan kata Mandarin, saat ini saya dan teman-teman grup Rabu lainnya sedang membuat minibook yang isinya adalah menceritakan pengalaman liburan kami. Semua isinya kami tulis sendiri dengan menggunakan 汉字 [Hanzi]. Pastinya ini akan merupakan pengalaman yang seru.

Apa yang sudah saya pelajari di BMC, saya yakin akan membantu pengembangan diri saya dan juga karir saya di era globalisasi ini.

加油学中文 [Jiayou xue zhongwen] / tetap bersemangat belajar Mandarin.

谢谢 [xie xie] / terima kasih BMC 🙂

By |2013-08-03T22:37:38+00:00August 3rd, 2013|Categories: student contributed|