Selamat Tri Suci Waisak 2564 BE/2020 bagi yang merayakan, ijinkan saya berbagi Pencerahan Waisak dalam Belajar Mandarin. 卫(wèi)塞(sāi)节(jiē)快(kuài)乐(lè).

Teman-teman tentu bertanya pencerahan macam apa yang diperoleh dalam belajar Mandarin? Bukankah sama saja seperti belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya guna menunjang karir, bisnis atau target hidup sesuai individu masing-masing?

MENGAPA BELAJAR MANDARIN ?

1. China Calon Negara Adi Daya Dunia Tahun 2025

Jawabannya benar, namun khusus pada abad 20 ini dan tahun-tahun mendatang, kita tidak dapat pungkiri bahwa China, negara Tiongkok, sedang dan akan bertransformasi menuju visi misinya lewat kebijakan “One belt one road” di segala bidang, meliputi bahasa, pendidikan, politik, keuangan, teknologi, kesehatan, dll untuk menjadi negara Adi Daya Dunia pada tahun 2025.

Lantas apa hubungannya dengan diri kita belajar Mandarin  ataupun orang di seluruh dunia juga belajar Mandarin? Jawabannya mudah. Ada kata bijak zaman dulu yang ternyata masih berlaku hingga sekarang, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Nah, sebagai negara yang baru berkembang dan sudah menjadi maju, jadi tentunya banyak sekali yang bisa dipelajari di negeri bambu tsb.

APA MANFAAT BELAJAR MANDARIN ?

2. Ekonomi, Perdagangan dan Bisnis

Prediksi 10 tahun lalu bahwa bahasa Mandarin akan menjadi no.1 setelah bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional, kini sudah menjadi kenyataan di hampir seluruh negara di belahan dunia. Bagaimana bisa? Lagi-lagi mudah menjawabnya. Produk segala macam apa yang murah dan menarik bisa diperjual belikan dan memberikan orang keuntungan selama puluhan tahun belakangan ini? China, bukan?  Roda ekonomi di bidang perdagangan bergerak karena produk China tsb. Jika bisa berbahasa Mandarin dengan baik dan lancar, apakah teman-teman setuju bahwa transaksi bisnis akan lebih komunikatif dan menguntungkan bagi Anda? *Jika pakai jasa perantara ataupun google translate, bisa saja, tapi tentunya sangat berbeda jika Anda berinteraksi sebagai antar manusia, bukan?

3. Covid19 Buktikan Kebesaran China

Covid19 telah melanda Wuhan dengan hebat sejak Januari 2020 dan telah mengakibatkan banyak sekali kematian orang China, tanpa pandang bulu, orang kaya miskin, pintar bodoh, tua muda. Namun kita dapat melihat kegigihan, keuletan, kerja keras dan kekompakan orang-orang China dimana mereka berhasil membangun RS hanya dalam waktu 8 hari serta semua orang saling menolong untuk mengatasi sikon problem yang ada. Hanya dalam waktu bilangan dua bulan saja, mereka sudah bisa keluar dari masalah besar tsb. Sebaliknya, banyak negara lain termasuk Indonesia yang dilanda wabah virus Corona dan pada saat tulisan ini dibuat, Mei 2020, kita pun masih melakukan PSBB/social distancing, WFH (Work From Home), dan semua kegiatan sekolah, bisnis, perayaan agama dilakukan lewat online.

Kita sudah melewati sikon diatas hampir dua bulan lamanya. Jadi, apakah Anda sudah bisa melihat dan merasakan dampak Covid19 ? Yang pasti, orang-orang yang biasa impor produk dari China, sudah tidak bisa berdagang lagi. Tiada bisnis, berarti semua mata rantai kegiatan ekonomi terhenti, mulai dari tiada pemasukan uang, PHK, jasa perusahaan atau orang-orang yang berhubungan dengan bisnis kita pun ikutan sepi. Yang menarik untuk diketahui adalah, gegara Wuhan dan China lockdown selama 2 bulan, maka banyak perusahaan, banyak bisnis dari tingkat atas hingga ke kecil di banyak negara maju dan berkembang kena krisis ekonomi. Jadi Anda sudah lihat dampak luar biasa dari keberadaan China, kan?

PENCERAHAN WAISAK DALAM BELAJAR MANDARIN

Diatas contoh nyata yang mungkin Anda dengar, ketahui atau mungkin juga alami. Sekarang coba saya perlihatkan contoh lain yang sangat sederhana, apa saja yang bisa dipelajari lebih jauh jika Anda dapat berbahasa Mandarin.

Ada yang bertanya apa bahasa Mandarinnya & maksudnya di sepuluh penjuru?

Jawaban langsung dan mudah  十(shí)个(gè)方(fāng)向(xiàng) : Sepuluh penjuru.

 Terus apakah Anda mau tahu lebih lanjut MAKSUDNYA ? J Jika ya, silahkan baca lanjut.

10 penjuru adalah 8 arah yg sudah kita semua pelajari di sekolah sejak SD, tapi  ditambah 2 arah yakni, Langit 天(tiān)dan Bumi 地(dì).  Semua arah ini punya makna masing-masing dalam ajaran Buddha, Chinese philosophy,  Fengshui guna mencapai keseimbangan yg harmonis. Dan Fengshui ini biasanya juga dikaitkan dengan Bazi, Shio.  Jadi, banyak  cabang ilmu yang menggunakan sepuluh penjuru guna memberi manfaat baik masing-masing. Termasuk juga ajaran Confucius (the first Chinese great philosopher on Education in China) yang memasukkan banyak Buddha dharma tentang aturan hubungan/tata cara, etika, sopan santun,  yang sepatutnya dilakukan kepada Atasan, Senior (Utara), bawahan, Junior (Selatan), antar anggota keluarga, kolega, teman, handai tolan, dll (Timur, Barat).

Secara ringkas, 10 jurusan yang disebutkan di ucapan Waisak foto atas adalah, mengharapkan semua manusia, mahluk (baik terlihat, tidak terlihat, sudah terlahir dan yang akan terlahir) mencakup juga binatang, isi semesta, Yang ada di Langit dan di Bumi, semuanya kita panjatkan puji syukur dan doa  agar semuanya dapat hidup atau berjalan dengan aman, tenteram, sejahtera, sentosa dan berbahagia.

Nah, sudahkan teman-teman melihat keindahan, pencerahan Waisak dari belajar Mandarin sekarang? Berapa banyak yang ingin Anda ketahui dan dapatkan manfaat?  Pilihan di tangan Anda.       加(jiā)油(yóu)学(xué)中(zhōng)文(wén) Tetap bersemangat dalam belajar Mandarin yah.