Selamat memperingati Trisuci Waisak 2020卫(wèi)塞(sāi)节(jiē)快(kuài)乐(lè) bagi teman-teman yang merayakan,

Sharing 10 syair di bulan Waisak 2020 untuk teman-teman semua. Syair ini berdasarkan kutipan dari Buddha dhamma / ajaran Buddha Siddharta Gotama (563 BC – 483 BC) dan juga kata-kata bijak Confucius, Filsuf besar khususnya di bidang Pendidikan dan Ahli Politik China(551 BC–479 BC)

  1. Jangan khawatir orang lain tidak mengerti dirimu, khawatirlah kalau kamu tidak mengerti orang lain.
  2. Apa yang tidak ingin diperlakukan kepada anda jangan diperlakukan kepada orang lain.
  3. Satu contoh lebih baik daripada 1000 kata-kata nasehat.
  4. Menaklukkan ribuan orang belum bisa disebut sebagai pemenang, tetapi mampu mengalahkan diri sendiri itulah yang disebut pemenang sejati.
  5. Baik sepatutnya dibalas baik, jahat jangan dibalas jahat, Hukum Karma berlaku abadi.
  6. Perjalanan 1000 km dimulai dari 1 langkah.
  7. Bila anda mengetahui sesuatu, katakanlah jika anda tahu. Bila anda tidak tahu sesuatu, katakanlah tidak tahu. Itulah Kejujuran dan Kebenaran.
  8. Kata-kata yang tulus belum tentu indah, kata-kata yang indah belum tentu tulus.
  9. Kalau kamu takut orang akan tahu perbuatanmu yang jelek, maka ada sesuatu yang baik di dalam yang jahat. Sebaliknya, kalau kamu ingin orang mengetahui bila kamu berbuat baik, maka ada sesuatu yang buruk di dalam yang baik.
  10. Orang yang berbuat baik, walaupun rezeki belum tiba, tapi bencana telah menjauhinya. Sedangkan orang yang berbuat jahat, meskipun bencana belum tiba, tapi rezeki telah menjauhinya.

Semoga 10 Syair di Bulan Waisak 2020 dapat mencerahkan teman-teman semua untuk jadi renungan, motivasi dan inspirasi. Buddha dhamma dan kata-kata bijak para Filsuf besar China meskipun sudah berusia kurang lebih 2.600 tahun lamanya, tetapi tetap menjadi ajaran yang sangat baik dan masih tetap dapat dipraktikkan tanpa lekang waktu dan dapat dipraktikkan oleh siapapun yang ingin hidup seimbang, harmonis, sejahtera dan berbahagia.                                                                                                                                                                                                                                                                            Akhir kata, Bahasa Mandarin Center (BMC) ucapkan Selamat Mencapai Pencerahan di Waisak 2020. Tetap tinggal di rumah, bekerja, belajar dan beraktivitas (WFH), jaga jarak (PSBB), sering cuci tangan dan pakai penutup mulut jika berpergian keluar. Semoga teman-teman tetap sehat, bersemangat, optimis, berbahagia dan maju terus. Semoga kita semua dapat melewati sikon sulit masa Covid19 dengan lancar dan baik dalam waktu dekat mendatang.